BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS

Senin, 14 Februari 2011

Delp-Shortcut

Aduh, virus lagi nih, sampek2 komputer kantor jadi lemot abis...

Ternyata terkena delph-Shorcut. Virus itu kan ngetren di tahun 2010, sekarang nih meski 2011 itu virus masih mencungul terus di dunia maya, eh ternyata virusnya berasal dari Brasil, huh..... masih dugaan sih.
Virus ini mirip-mirip vb-shortcut, hanya saja virus ini menggunakan delphi, jadi berhatilah-hatilah bila ada file berektension *.sys jangan sampek di klik ntar nyebarnya cepat dan akan menempel pada Run32.dll.exe. Akhirnya komputer jadi lemot.

Dan virus ini juga membuat nama-nama file seperti Documment and Settings.lnk, Program Files. lnk, RECYCLER.lnk, System Volume Information.lnk dan WINDOWS.lnk. Biasanya menyerang drive C, D, E, dll. Dan virus ini juga dapat menyerang Start up, biasanya pake nama Microsoft Update.lnk .
Kalau mau bersihin ini virus cari aja antivirusnya banyak kok kalo dowwnload, jadi gak usah khawatir. Nih sayakasih tempat downloadnya:
  • PC MAV 4.6 udah dicoba dan ampuh membasminya
  • Avira
  • Pake norton juga bisa, tapi masih trial
  • Nih pake avas juga bisa
  • Kalo pake smadav gratisan bisa juga
  • Pake Kaspersky juga bisa, tapi waktu ane scan pake kaspersy gak terdeteksi, mungkin virusnya udah ngerusak file kasperskynya, soalnya waktu masukin flasdisk di laptop ane lupa ngaktivin Kasperskynya, jadinya jangkit deh, nih ane kasih yang trial.
Ane saranin jangan campur-campur makenya, antara antivirus banyak yang gak cocok tapi kalo avira ama norton bisa digabungin kalo diinstal dan kerja bareng. Tapi kalo yang lainnya ndak bisa alias saling cakot-cakotan, bisa-bisa file antivirusnya dianggap virus sama yang lainnya. Ato bisa juga kalo mau telaten diinstal dulu satu antivirus baru di scan, setelah di pake baru di uninstal, dan instal lagi antivirus yang lain, dan terus discan dan tersu dilakukan berulang-ulang.
Moga-moga berhasil, kalo infonya kurang lengkap cari aja di internet banyak. Ane hanya bisa ngasih sedikit karena ane bukan dokter virus :)



0 comments: